Rabu, 24 April 2024

Materi Ajar: Rabu, 24 April 2024

 Hari/ Tanggal                   :  Rabu, 24 April 2024

Tema 7                               :  Kebersamaan 

Subtema 4                        :  Kebersamaan di Tempat Wisata

Pembelajaran                   :  4

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Pada Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 4 Kebersamaan di Tempat Wisata akan mempelajari tentang mengelompokkan dan menuliskan karakteristik teman sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya, menuliskan kata sapaan dalam kalimat dengan ejaan yang benar, mengoreksi kebenaran kata sapaan yang telah ditulis, memperbaiki kata sapaan yang telah dikoreks, membacakan kembali kata sapaan yang telah diperbaiki dengan bahasa yang santun, menyatakan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat sebagai bagian dari keseluruhan, menyajikan pecahan setengah, seperempat, dan sepertiga yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/ibu guru di dalam kelas.

 

Ayo Mengamati

Menyapa Pengunjung


Pengunjung kebun binatang berasal dari berbagai sekolah dan masyarakat.

Mereka berasal dari berbagai daerah atau suku.

Siti menyapa beberapa pengunjung.

Siti berkenalan dengan Bariah, ia berasal dari Madura.

Dayu berkenalan dengan Asep, ia berasal dari Bandung.

Beni berkenalan dengan Joko, ia berasal dari Solo.

Edo berkenalan dengan Madin, ia berasal dari Jakarta.

Mereka senang bisa berkenalan di kebun binatang.

 

Ayo Membaca

Ayo membaca teks di atas dengan percaya diri!

 

Ayo Berlatih

Pasangkanlah nama kota/daerah dengan suku asli yang terdapat di daerah tersebut!


Ayo Berdiskusi

Diskusikan sikap kamu ketika bertemu dengan orang yang berbeda suku atau daerah! Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!

Kita harus menghormati dan menghargai teman yang berbeda suku atau daerah. Kita tidak boleh membedakan teman hanya karena berbeda suku

 

Ayo Menulis

Buatlah kalimat yang memuat kata sapaan berikut! Bacalah kalimat yang kamu buat di depan kelas!

 

Siti

:

“Selamat sore, Bariah” 

Beni

:

“Joko, dari mana asalmu?”

Edo

:

“Madin, apa kegemaranmu?”

Dayu

:

“Asep, bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda suku?”

Pak Guru

:

“Kalian harus menjaga kebersihan.”

Beni

:

“Sobat, bagaimana kabarnya?”

Siti

:

“Pak Satpam, di mana toiletnya?

 

Ketika di kebun binatang, Siti membagi kelompok.

Kelompok disesuaikan dengan tempat binatang yang dikunjungi.

Apabila lokasinya luas maka hanya dibagi dua kelompok.

Apabila lokasinya agak sempit dibagi tiga kelompok.

Apabila lokasinya sempit dibagi empat kelompok

 

Ayo Berlatih

Pilihlah 24 siswa, mereka seolah-olah peserta kunjungan ke kebun binatang. Praktikkan untuk membentuk 2 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki anggota sama banyak


Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan (1/2). Setiap kelompok terdiri  (12) siswa.

Praktikkan untuk membentuk 3 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki anggota sama banyak.

Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan (1/3).Setiap kelompok terdiri dari (4) siswa.

 

Praktikkan untuk membentuk 4 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki anggota sama banyak.


Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan (1/4). Setiap kelompok terdiri dari  (6) siswa.

 

Ayo Berlatih

Lingkarilah pecahan yang sesuai dengan gambar!



Ayo Berlatih

Lengkapi pernyataan berikut ini dengan jawaban yang tepat!

1. Siswa kelas 2 terdiri dari 36 siswa. 

a. Setengah bagian dari siswa kelas 2 adalah  .... 18. (36 siswa dibagi dua hasilnya adalah 18 siswa)

b. Sepertiga bagian dari siswa kelas 2 adalah .... 12. (36 siswa dibagi 3 hasilnya adalah 12 siswa)

c. Seperempat bagian dari siswa kelas 2 adalah ... 9. 36 siswa dibagi 4 hasilnya adalah 9 siswa)

 

2. Di kebun binatang terdapat 12 rusa.

a. Setengah bagian dari jumlah rusa adalah ...6. (12 rusa dibagi 2 hasilnya adalah 6 rusa)

b. Sepertiga bagian dari jumlah rusa adalah .... 4. (12 rusa dibagi 3 hasilnya adalah 4 rusa)

c. Seperempat bagian dari jumlah rusa adalah ....3.  (12 rusa dibagi 4 hasilnya adalah 3 rusa)

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar