Hari/ Tanggal : Jum’at, 14 April 2023
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 1 : Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-6 ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Dengan mengamati putaran jam, kalian dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar. Dan nantinya dengan berdiskusi, kalian dapat memberikan contoh kegiatan beribadah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah dengan benar.
Udin merayakan ulang tahun. Ia mengundang semua teman satu kelasnya.
Teman-teman akan dijamu makan siang di rumahnya
Ayo Mengamati
Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Bacalah kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!
1. Naik apa tadi ke sini?
2. Siapa saja yang diundang Udin?
3. Pukul berapa acaranya dimulai?
4. Di mana ibu guru, ya?
5. Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum saja dulu?
Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.
Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, bukan?
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Tulislah kalimat tanya berdasarkan gambar yang kamu amati!
Tuliskan menggunakan kata apa, mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!
Tuliskan pada kolom berikut dengan rapi!
1. Apa ...........................................................................
2. Mengapa .................................................................
3. Kapan ......................................................................
4. Siapa ........................................................................
5. Di mana ..................................................................
6. Bagaimana .............................................................
Apakah pertanyaan yang kamu buat sudah benar?
Jika belum, coba perbaiki dengan memperhatikan aturan kalimat tanya yang benar!
Ayo Membaca
Udin dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum.
Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan ibadah.
Mereka berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.
Mereka tidak saling memaksakan kehendak.
Udin dan teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun.
Sikap hidup rukun merupakan wujud persatuan dalam keragaman.
Tahukah kamu contoh kegiatan lain yang menunjukkan persatuan dalam menjalankan ibadah?
Coba tuliskan contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam beribadah!
Perhatikan contoh berikut!
1. Menghormati temanmu yang sedang melakukan salat.
Sekarang, coba tuliskan kegiatanmu pada tabel berikut!
Tuliskan sesuai dengan ajaran agamamu!
Ayo Mengamati
Bacalah percakapan pada gambar berikut dengan nyaring!
Apa yang dilakukan Udin dan teman-teman pada gambar?
Pukul berapa kegiatan itu berlangsung?
Perhatikan gambar jam berikut dengan teliti!
Bilangan berapa saja yang kamu lihat?
Jadi dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.
Setelah pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul 01.00.
Penulisan diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00.
Pukul 24.00 sama dengan pukul 12 malam.
Perhatikan kembali gambar berikut!
Ayo Berlatih
Tulislah tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut dengan tepat!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar