Rabu, 27 April 2022

Materi Ajar: Rabu, 27 April 2022

 Kelas/ Semester : 2/ 2

Tema 8 : Keselamatan diRumah dan Perjalanan.

Subtema 3: Aturan Keselamatan di Perjalananan.

Pembelajaran : 5 dan 6


Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini. Tetap semangat puasanya semoga puasa kita semua menjadi ladang pahala. Aamiin

Pada Pembelajaran 5 dan 6  Tema 8 Subtema 3 Aturan Keselamatan di Perjalanan akan mempelajari tentang membaca kalimat sederhana, menemukan penggunaan, menulis kalimat dan membaca kalimat yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya. Menjelaskan cara gerak melempar dan menangkap, mempraktekan gerak menangkap dan melempar dalam bentuk permainan di air. Memberikan contoh dan menceritakan pengalaman kegiatan bermain yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Udin dan teman-teman bermain kasti.

Mereka bermain di lapangan.

Jalan menuju lapangan melewati jalan raya.

Jika berjalan di jalan raya harus mematuhi aturan.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan teliti.
Menyeberang Jalan
Apa informasi yang kamu peroleh dari gambar tersebut?
Informasi yang saya peroleh dari gambar tersebut adalah aturan di jalan raya.


 Ayo Membaca

Sekarang, coba ajukan pertanyaan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat kepada temanmu?
Udin Bertanya
  1. Apa saja aturan yang harus kita patuhi ketika berjalan di jalan raya?
  2. Mengapa kita harus patuh pada aturan lalu lintas?
  3. Siapa orang yang bertanggung jawab mengatur lalu lintas?
  4. Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang melanggar lalu lintas?
  5. Kapan kita harus mematuhi aturan lalu lintas?
  6. Di mana kita harus berjalan ketika hendak menyeberangi jalan raya?

Tahukah kamu kalimat apa yang kamu baca sebelumnya?

Kalimat tersebut merupakan kalimat tanya, bukan?

Masih ingatkah kamu aturan penulisan kalimat tanya?
Aku tahu, kalimat tanya dibubuhi dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat.

Ayo Menulis
Berikut ini menggunakan contoh  kata tanya apa, kapan, mengapa, siapa, di mana, dan bagaimana sesuai gambar.
Terjatuh dari motor
Tuliskan pertanyaanmu pada kolom berikut!
  1. Apa yang terjadi pada pengendara sepeda motor?
  2. Kapan peristiwa jatuhnya pengendara motor tersebut terjadi?
  3. Mengapa pengendara motor tersebut jatuh?
  4. Siapa nama yang menolong pengendara motor yang jatuh?
  5. Di mana lokasi peristiwa pengendara motor tersebut jatuh?
  6. Bagaimana pengendara motor tersebut terjatuh?

Sekarang, coba bacakan pertanyaan yang kamu buat dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Ayo Berlatih
Tanda centang (✓) pada gambar berikut merupakan kegiatan dalam keberagaman.

Bermain dalam Keragaman

Ayo Mengamati
Amati gambar berikut dengan teliti!
Kerja Bhakti
Ayah:Berhati-hatilah,Nak! Ketika berjalan di tempat becek dan berlumpur saat membersihkan.
Anak-anak:Iya, Ayah.

Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Isi percakapan di atas adalah tentang kehati-hatian akan tempat becek dan berlumpur.
Mengapa Udin dan teman-teman harus berhati-hati ketika berjalan?
Udin dan teman-teman harus berhati-hati ketika berjalan agar tidak terpeleset dan terjatuh.
Tahukah kamu aturan berjalan di tempat becek dan berlumpur?

Coba diskusikan dengan temanmu!
No.Aturan Berjalan di Tempat Becek dan Berlumpur
1.Berjalan pelan-pelan dan hati-hati
2.Tidak berlari di tempat becek
3.Tidak melompat-lompat
4.Berjalan alas kaki yang tidak mudah terselip
5.Berjalan dengan berpegangan pada benda kokoh seperti tembok
6.Tidak berjalan di tengah genangan lumpur

Ayo Membaca
Sekarang, coba ajukan pertanyaan berikut kepada temanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Udin Jatuh
  1. Di mana ia terjatuh?
  2. Menurutmu, mengapa ia bisa terjatuh?
  3. Siapa yang terjatuh pada gambar?
  4. Menurutmu, kapan ia terjatuh?
  5. Apa yang harus ia lakukan agar tidak terjatuh?
  6. Bagaimana caranya agar hal yang sama tidak terjadi kepada dirimu?

Pelajarilah materi hari ini, jangan lupa kirim foto kegiatanmu ke whatsapp bu guru ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar