Kamis, 20 Januari 2022

Materi Ajar: Kamis, 20 Januari 2022

 Hari/Tanggal         : Kamis, 20 Januari 2022

Kelas/Semester      : 2/2

Materi                    : Tema 5 Subtema 3

Pembelajaran        : 5












Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholehah Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Alloh yaa

Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak Ibu guru mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa untuk mandi dan sarapan terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.

Pada Pembelajaran 5 Tema 5 Subtema 3 Pengalamanku di Tempat Bermain akan mempelajari tentang menemukan dan mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah dan mengoreksi kesalahan puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat). Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat dengan baik. Menunjukkan contoh dan menceritakan pengalaman perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila.

Perhatikan teks di bawah ini!
Beni anak yang pandai. Beni selalu ditunjuk oleh guru.Sekarang, Beni ditunjuk oleh Ibu guru. Beni diminta membacakan puisi. Puisi dibacakan di depan kelas. Judul puisinya adalah “Paman Datang”
Puisi Paman Datang

Kemarin paman datang,
pamanku dari desa.
Dibawakannya rambutan, pisang
Dan sayur mayur segala rupa
Bercerita paman tentang ternaknya
Berkembang biak semua
Padaku, paman berjanji
Mengajak libur di desa
Hatiku girang tidak terperi
Terbayang sudah aku di sana
Mandi di sungai, turun ke sawah
Menggiring kerbau ke kandang

Perhatikan puisi di atas! Tuliskan kosakata baru. Carilah arti kosakata tersebut.
No.Kosa Kata BaruArti Kata
1.Berkembangmenjadi besar
2.Biaktumbuh/bertambah banyak
3.Girangriang gembira
4.Terperiterkira
5.Menggiringmenghalau binatang ke suatu tempat


Ayo Berlatih
Bacalah puisi tersebut! Baca dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat! 

Sila Keempat


Beni dan temannya akan belajar PPKn. Satu kelas Beni akan belajar musyawarah. Musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Beni dan temannya perlu semangat kekeluargaan. Ternyata, musyawarah untuk memilih ketua kelas.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar dengan teliti!
Pemilihan Ketua Kelas







Gambar tersebut menunjukkan kegiatan pemilihan ketua kelas


Ayo Berlatih
Apakah kamu pernah bermusyawarah? Tuliskan pengalamanmu tersebut. 

Pengalamanku Bermusyawarah
Saya pernah bermusyawarah untuk melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan kelas. Saya dan teman-teman berkumpul bersama. Kami membicarakan pembagian tugas serta peralatan yang akan digunakan untuk membersihkan kelas. Berdasarkan hasil musyawarah, diperoleh kesepakatan siapa yang bertugas untuk menyapu, mengepel, menata meja dan kursi, membersihkan papan tulis, serta menghias dinding. Keputusan tersebut kami setujui bersama dengan senang hati.

Agar lebih memahami pembelajaran hari ini silahkan simak video pembelajaran hari ini!



LATIHAN 

Tuliskan soal dan jawaban di bawah ini dengan huruf tegak bersambung pada buku latihan tematikmu. Jangan lupa berikan hari dan tanggal ya 



















Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks di atas! 

1.        Apa yang dilakukan Beni dan temannya?

2.        Sebutkan nama calon ketua kelas yang terpilih! 

3.        Bagaimana hasil musyawarah yang dilakukan?

4.        Apakah Edo menerima hasil pemilihan ketua kelas?

5.        Mengapa kegiatan musyawarah perlu dilakukan?  Berikan alasanmu!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar