Hari/Tanggal : Selasa, 26 Oktober 2021
Kelas/Semester : 2/1
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Subtema 2 : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 1 dan 2
Asaalaamualaikum Wr Wb
Apa kabarnya hari ini anak sholih sholihah Ibu guru, semoga semua selalu dalam keadaan sehat walafiat ya. Oke hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita ya. Nah di pembelajaran sebelumnya kita sudah membahasa tentang "makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah dan Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang". Hari ini kita akan membahasa tentang "menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut, membaca teks percakapan yang berkaitan dengan musyawarah, mengidentifikasi arah gerak kepala, tangan dan kaki, menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah".
Setelah belajar hari ini Ibu guru harapkan kalian dapat memahami
- membaca teks percakapan yang berkaitan dengan musyawarah
- mengidentifikasi arah gerak kepala, tangan dan kaki
- menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut
- menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah
Perhatikan teks percakapan berikut!
Berdasarkan teks percakapan di atas, dapatkah kamu memahami kegeiatan apa yang Dayu dan teman-teman sedang lakukan?
Ya mereka melakukan musyawarah membahas tentang lomba kebersihan kelas.
Kegiatan Dayu dan teman-temannya menghasilkan sebuah keputusan yang disepakati oleh semua anggota musyawarah.
Menurutmu, apa manfaat kegiatan yang akan mereka lakukan? (Ungkapkan pendapatmu di depan anggota keluargamu)
- Untuk menentukan sesuatu dalam kelas, atau keluarga dilakukan musyawarah
- Saat musyawarah semua anggota boleh menyampaikan pendapatnya.
- Keputusan musyawarah disetujui oleh seluruh anggota musyawarah
Dayu dan teman-teman telah bergotong-royong. Ada yang menyapu lantai. Ada yang membersihkan kaca. Ada juga yang menata kelas. Gerakan menyapu lantai dapat dibuat dalam bentuk tari.
Tirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari seperti pada gambar berikut!
Gerakan di atas menggunakan anggota tubuh yakni, kepala, tangan dan kaki. Jika kalian telah dapat menirukan gerakan di atas maka kalian telah memahami arah gerakan tari yang menggunakan anggota tubuh yakni kepala, tangan, dan kaki.
Lakukan tanpa iringan musik terlebih dahulu! Jika sudah bisa, lakukan dengan iringan musik! Alat musik yang dapat digunakan misalnya gendang, rebana, tamborin, atau tifa.
Perhatikan kembali gambar gendang dan tifa di atas! Dinding gendang membentuk pola segitiga. Dinding tifa membentuk pola segi empat dan segitiga.
Masih ingatkah dengan sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar?
yup sekarang coba tentukan sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar di atas.
Ya jika kalian sudah dapat menentukan sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun di atas maka kalian telah dapat mengamati sebuah bangun datar.
Perhatikan teks berikut!
Dayu dan teman-teman bergotong-royong. Bergotong-royong mencerminkan sikap hidup dalam kebersamaan. Kebersamaan merupakan wujud dari persatuan. Sikap Dayu dan teman-teman pantas ditiru. Mereka juga menunjukkan sikap kebersamaan dalam kegiatan lain.
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?
Sikap yang Harus Dimiliki Agar Tercipta Persatuan di Sekolah
- Mau berbagi dengan teman
- Gotong royong membersihkan halaman sekolah
- Belajar kelompok
- Melaksanakan piket kelas
- Bermain bersama
LATIHAN TEMA 4 SUBTEMA 2 PB 1-2
Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga dapat bermanfaat, tetap semangat ya sayang dan selalu jaga kesehatan.
Wassalaamualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar