Hari / Tanggal : Senin / 28 April 2025
Materi : Sayang Lingkungan
CP :
Menyimak § Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Membaca dan Memirsa § Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi. Berbicara dan Mempresentasikan · Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Menulis · Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari. |
TP :
§ Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalam gambar.
§ Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari gambar (jenis sampah) pada pengatur grafis sederhana.
§ Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan.
§ Melalui menuliskan rencana, peserta didik dapat mempresentasikan rencana pembuatan perabot dari bahan eco brick dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi
Bacalah bacaan berikut bersama teman kalian.
Sampah Plastik Jadi Perabot Cantik
Plastik adalah sampah yang sulit terurai.
Namun, kita bisa mengolahnya agar berguna.
Contohnya dengan membuat eco brick.
CARA MEMBUAT ECO BRICK
1. Kumpulkan kemasan plastik
seperti bungkus makanan. Cuci
hingga bersih, lalu keringkan.
2. Siapkan botol plastik bekas yang sudah bersih.
3. Masukkan kemasan plastik
yang sudah dipotong-potong
4. Tekan dengan tongkat agar
plastik mampat. Lakukan
sampai botol tidak kempes jika
ditekan.
Eco brick dapat dibuat menjadi perabot.
Mulai dari meja, kursi, hingga lemari.
Caranya dengan menyatukan
botol-botol dengan perekat.
Berlatihlah menggunakan kosakata baru kalian.
1. Di sekolah, kami belajar membuat ______
2. Sampah makanan lebih mudah _________ jika dikubur.
3. Ketika pindah rumah, keluarga kami membawa semua
_______ dengan truk.
Tuliskan ulang cara pembuatan eco brick di buku tulismu.
Gunakan kata-kata kunci berikut:
Bayangkan jika kalian memiliki banyak eco brick.
Perabot apa yang ingin kalian buat?
Mengapa kalian ingin membuatnya?
Bagaimana kalian akan membuatnya?
Ceritakan rencana kalian di depan kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar