Minggu, 09 Maret 2025

Materi Ajar: Senin, 10 Maret 2025

Hari/ Tanggal           : Senin, 10 Maret 2025 

Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia

Materi                     :  Bijak Memakai Uang

CP                           : 

Mengamati

§  Menjelaskan kata-kata baru pada gambar dengan menggunakan petunjuk visual.

Menulis

§  Menuliskan namanama pekerjaan yang sering ditemui sehari-hari.

Berdiskusi

§  Melaksanakan kesepakatan giliran berbicara, menanggapi komentar, dan bertanya ketika berdiskusi kelompok.

Menulis

§  Menuliskan beberapa kalimat yang berisi informasi menggunakan kata kunci sesuai topik.

Menulis

§  Menjelaskan apa yang dialami dan dilakukan oleh tokoh cerita.

§  Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.

Berbicara

§  Menyusun gambar yang mewakili awal, tengah, dan akhir cerita.

Berdiskusi

§  Menjelaskan objek yang dikategorikan.

Menirukan dan Melakukan

§  Menyimak instruksi sederhana dan melakukannya.

Berbicara

§  Menyampaikan pendapat terhadap lirik lagu.

Membaca

§  Menjelaskan pesan penulis pantun.

Menulis

§  Menuliskan beberapa kata untuk melengkapi pantun.


TP                                :  

Melalui mengamati petunjuk visual di dalam gambar “Cara-Cara Mendapatkan Uang”, peserta didik dapat memahami kata-kata baru pada gambar.

Melalui menemukenali kata dalam kotak kata, peserta didik dapat menuliskan nama-nama pekerjaan.



MENULIS
Bacalah cerita “Labih dan Arai” sekali lagi. Kemudian, jawablah pertanyaan–pertanyaan berikut.!

BERBICARA
Amati gambar-gambar di bawah ini. Urutkan gambar-gambar berikut agar sesuai dengan cerita “Labih dan Arai”.




BERDISKUSI

Amatilah catatan pengeluaran berikut!
• Uang sekolah  : Rp100.000,00 
• Roti cokelat  : Rp1.500,00 
• Layang-layang : Rp2.000,00 
• Potong rambut : Rp30.000,00 
• Tiket bus  : Rp50.000,00 
• Pensil warna  : Rp15.000,00

Lalu, berdiskusilah dengan tiga teman kalian. 
Kelompokkan pengeluaran tersebut ke dalam dua bagian. Kemudian, jelaskan hasil diskusi kalian di depan kelas.


MEMBACA



BERBICARA
Bacalah lirik lagu di atas sekali lagi. 
Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 
1. Apa judul lagu di atas? 
2. Apakah kalian pernah menabung? Jika ya, ceritakan     pengalaman kalian.



Perhatikan bagian yang berwarna kuning pada lirik lagu tadi! Kesamaan pada suku kata terakhir disebut rima akhir sempurna





Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..


Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Jumat, 21 Februari 2025

Materi Ajar: Jumat, 21 Februari

Hari/ Tanggal                  :  Jumat / 21 Februari 2025

Kelas                               :  2C

Mata Pelajaran               :  P5

Aktivitas   7                    :  Aksi 1

  

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Kearifan Lokal

 

Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^



Miniatur Makanan







Rabu, 19 Februari 2025

Materi Ajar: Kamis, 20 Februari 2025

 Hari / Tanggal            :  Kamis / 20 Februari 2025

Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia

Materi                          :  Bijak Memakai Uang

CP                                : 

Mengamati

§  Menjelaskan kata-kata baru pada gambar dengan menggunakan petunjuk visual.

Menulis

§  Menuliskan namanama pekerjaan yang sering ditemui sehari-hari.

Berdiskusi

§  Melaksanakan kesepakatan giliran berbicara, menanggapi komentar, dan bertanya ketika berdiskusi kelompok.

Menulis

§  Menuliskan beberapa kalimat yang berisi informasi menggunakan kata kunci sesuai topik.

Menulis

§  Menjelaskan apa yang dialami dan dilakukan oleh tokoh cerita.

§  Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.

Berbicara

§  Menyusun gambar yang mewakili awal, tengah, dan akhir cerita.

Berdiskusi

§  Menjelaskan objek yang dikategorikan.

Menirukan dan Melakukan

§  Menyimak instruksi sederhana dan melakukannya.

Berbicara

§  Menyampaikan pendapat terhadap lirik lagu.

Membaca

§  Menjelaskan pesan penulis pantun.

Menulis

§  Menuliskan beberapa kata untuk melengkapi pantun.


TP                                :  

Melalui mengamati petunjuk visual di dalam gambar “Cara-Cara Mendapatkan Uang”, peserta didik dapat memahami kata-kata baru pada gambar.

Melalui menemukenali kata dalam kotak kata, peserta didik dapat menuliskan nama-nama pekerjaan.



MENULIS
Bacalah cerita “Labih dan Arai” sekali lagi. Kemudian, jawablah pertanyaan–pertanyaan berikut.!

BERBICARA
Amati gambar-gambar di bawah ini. Urutkan gambar-gambar berikut agar sesuai dengan cerita “Labih dan Arai”.




BERDISKUSI

Amatilah catatan pengeluaran berikut!
• Uang sekolah  : Rp100.000,00 
• Roti cokelat  : Rp1.500,00 
• Layang-layang : Rp2.000,00 
• Potong rambut : Rp30.000,00 
• Tiket bus  : Rp50.000,00 
• Pensil warna  : Rp15.000,00

Lalu, berdiskusilah dengan tiga teman kalian. 
Kelompokkan pengeluaran tersebut ke dalam dua bagian. Kemudian, jelaskan hasil diskusi kalian di depan kelas.


MEMBACA



BERBICARA
Bacalah lirik lagu di atas sekali lagi. 
Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 
1. Apa judul lagu di atas? 
2. Apakah kalian pernah menabung? Jika ya, ceritakan     pengalaman kalian.



Perhatikan bagian yang berwarna kuning pada lirik lagu tadi! Kesamaan pada suku kata terakhir disebut rima akhir sempurna





Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..


Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Selasa, 18 Februari 2025

Materi Ajar: Rabu, 19 Februari 2025

Hari / Tanggal     :  Rabu / 19 Februari 2025

Kelas                   :  2C

Mata Pelajaran   :  Matematika

Materi                  :  Pecahan

Media                  :  Video

CP                       : 

Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

 

TP                       :  

Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan pecahan menggunakan benda konkret.

Mengetahui pecahan sederhana seperti 

 MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN 

Banyak kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan.
Perhatikan contoh berikut! 
Nina membeli 2 potong roti. 
Setiap potong dibagi menjadi 2 bagian sama besar. Setengah bagian roti diberikan kepada Lani. Sisanya dimakan sendiri oleh Nina. Berapa potong roti yang dimakan Nina?
Penyelesaian : Perhatikan gambar berikut!


LATIHAN
 





Mapel                            :  Pendidikan Pancasila

Materi                            :  

1.       Ayo berkenalan dengan orang dalam Keluargaku dan benda di Rumahku

2.       Aku suka berbagi dan tolong menolong

CP                                 : 

Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan  kepercayaan di lingkungan rumah  dan sekolah.


TP                                :  

Melalui kegiatan menyebutkan identitas diri secara lengkap, peserta didik menunjukkan sikap beriman dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menciptakannya sebagai cerminan nilai Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila.


Melalui kegiatan membedakan identitas diri dan teman, peserta didik menunjukkan sikap menghargai peberdaan dan sikap toleransi di tengah keberagaman.


Perhatikan gambar berikut!



Tahukah kamu makna semboyan Negara Indonesia?

Negara Indonesia mempunyai semboyan yaitu Bhineka Tunggal Ika

Kebhinekaan berarti kita beragam dan berbeda.

Tetapi keberagaman dan perbedaan itu bukan untuk di cela, dihina dan dimusuhi.

Keberagaman mengharuskan kita untuk hidup dalam kerukunan.

Meskipun berbeda agama, kita tetap berteman.

Meskipun berbeda suku, kita tetap berteman.

Dengan kita berteman dengan siapa saja, kita dapat memperluas persahabatan, dan kita bisa saling tolong menolong.

Bhineka Tunggal Ika dapat ditemukan dalam Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular.

Bhinneka artinya beragam. Tunggal artinya Satu Ika artinya beragam yang satu.

Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu jua.

Artinya, walaupun di Indonesia terdapat banyak suku, agama, ras, budaya, adat, Bahasa dan lainlain, namun tetap satu kesatuan sebangsa dan setanah air.

Bhinneka Tunggal Ika diusulkan oleh Muhammad Yamin kepada Ir.Soekarno agar dijadikan semboyan negara.




Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik. Sebanyak 18 peserta didik mampu memahami materi dengan baik. Seluruh peserta didik mampu menentukan sikap yang tepat ketika menemukan keberagaman identitas di rumah maupun di sekolah.