Rabu, 31 Juli 2024

Materi Ajar: Kamis, 1 Agustus 2024

Hari / Tanggal                : Kamis/ 1 Agustus 2024

FASE/KELAS                 : A/2

Mata Pelajaran.             : Bahasa Indonesia dan P5


Capaian Pembelajaran


• Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. 
2. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
• Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. 
2. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
3. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
• Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 
2. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. 
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
• Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. 
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. 
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita mengenai mengenal perasaan dan penyebabnya ya, Nak.

Sebelumnya kita sudah membaca cerita tentang Mimi Marah. Diceritakan bahwa Mimi marah karena berebut mainan dengan Adiknya. Mimi menunjukkan kemarahannya dengan berteriak dan menangis. Selain marah, ada beberapa perasaan lainnya yang mungkin pernah kita alami.

Yuk kita simak video berikut:

https://youtu.be/B2g8S7n9ccU

Dari video yang sudah kita simak, coba kalian sebutkan apa saja perasaan yang pernah kalian alami dan ceritakan penyebabnya!

Di dalam cerita Mimi Marah kita juga belajar mengenai penggunaan huruf kapital dan tanda titik.

Huruf kapital digunakan di setiap awal kalimat dan nama orang.

Tanda titik digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat pernyataan.

Contohnya: Setelah berteriak, Mimi pun menangis.

Selanjutnya, kita akan belajar mengenai suara alat transportasi.

TEMA                              : Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI

TOPIK                             : Merancang Transportasi Masa Depan

Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.

Minggu kemarin kita sudah membahas alat transportasi darat, udara dan laut.

Apakah kalian tahu bagaimana suara dari berbagai macam alat transportasi?

Bagimana suara mobil? Bagaimana suara pesawat terbang? 

Setiap alat transportasi pasti memiliki suara yang berbeda.

Nah, melalui pertemuan hari ini, kita akan mengenal berbagai suara alat transportasi.

Yuk, mari kita simak video berikut!




Cobalah tebak suara kendaraan yang terdapat pada video di atas. 

Kesimpulan

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini yaitu tentang mengenal perasaan, penggunaan huruf kapital dan tanda titik dapat dipahami oleh peserta didik dengan baik. Peserta didik mampu mendeskripsikan perasaannya menggunakan kalimat yang baik dan benar. 
Selain itu, pada kegiatan P5 yang membahas tentang berbagai macam alat transportasi juga bisa dipahami dengan baik. Peserta didik mampu mengenali suara alat transportasi.

Selasa, 30 Juli 2024

Materi Ajar: Rabu, 31 Juli 2024

Hari / Tanggal       :  Rabu / 31 Juli 2024

Kelas                     :  2. C

Mata Pelajaran     : Matematika dan PPKn

Materi                    :  Membandingkan Bilangan dan Simbol Pancasila

 

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Mata Pelajaran                 :  Matematika

Materi                                :  Menentukan Nilai Tempat Bilangan

CP                                       :  

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Tujuan Pembelajaran    : Memahami komposisi, susunan, cara menulis, dan cara membaca bilangan 3 angka.

Memahami besarnya dan nilai tempat bilangan 3 angka.


29  =  2 puluhan   +  9 satuan

29  =         20          +  9

 

 

Yumna mengukur tinggi badannya.

Tinggi badannya 97 cm.

97 terdiri atas dua angka.

Bilangan 97 punya dua nilai tempat.

Nilai tempat angka 9 sebagai puluhan.

Jadi, ditulis 90.

Nilai tempat angka 7 sebagai satuan.

Jadi, ditulis 7.



Bunyi dan Simbol Sila-Sila Pancasila

Amatilah gambar berikut!

Gambar apakah itu?

Ya, gambar di atas adalah burung Garuda.

Garuda Pancasila adalah lambang Negara Indonesia.

Pancasila adalah dasar Negara kita.

Pancasila berasal dari Bahasa Sansekerta.

Kata “Panca” berarti lima dan “sila” adalah dasar.

Pancasila artinya lima dasar.

Sebagai dasar Negara Indonesia, Pancasila menjadi pedoman.

Sikap dan perbuatan kita berpedoman pada Pancasila.

Seperti apakah bunyi dan symbol Pancasila?

Yuk, kita pelajari bersama.

 

 

Bunyi Sila Pancasila

Apakah kamu masih ingat bunyi sila Pancasila?

Yuk, kit abaca bersama-sama dengan suara nyaring.


Simbol Sila Pancasila

Pancasila ada lima sila.

Setiap sila dilambangkan dengan symbol yang berbeda.

Symbol-simbol Pancasila terdapat di dada Garuda Pancasila.

Setiap symbol memiliki makna.

Yuk, perhatikan tabel berikut!



Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Siswa dapat memahami materi dengan baik yang ditunjukkan dengan siswa yang mendapatkan nilai di atas kktp. 


Materi Ajar: Selasa, 30 Juli 2024

 Hari / Tanggal                 :  Selasa / 30 Juli 2024

Kelas                                 :  2. C

Materi                               :  Menentukan Nilai Tempat 1 - 100

 

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

 

Dengan belajar Matematika hari ini, Ibu Guru harapkan nantinya anak-anak Ibu guru bisa memahami komposisi, susunan, cara menulis, dan cara membaca bilangan 3 angka. Dan memahami besarnya dan nilai tempat bilangan 3 angka.

 

 

Apakah nilai tempat bilangan itu?

Ayo, Pelajari bersama.

Dika membantu Pak Abid memanen wortel.

Dika menghitung wortel hasil panen.

Banyak wortel ada 29 buah.

Nilangan 29 punya dua nilai tempat.

Nilai tempat puluhan dan satuan.


29  =  2 puluhan   +  9 satuan

29  =         20          +  9

 

Yumna mengukur tinggi badannya.

Tinggi badannya 97 cm.

97 terdiri atas dua angka.

Bilangan 97 punya dua nilai tempat.


Nilai tempat angka 9 sebagai puluhan.

Jadi, ditulis 90.

Nilai tempat angka 7 sebagai satuan.

Jadi, ditulis 7.

 

Ayo, belajar nilai tempat.

Hitung banyaknya benda di tabel.

Tulis nilai tempat bilangannya.


Apakah anak-anak sudah memahami materi Matematika hari ini?

Jika sudah. Yuukk kita berlatih yaa… ^,^

 

Mari Berlatih




 Warna Melekat pada Karya seni.

Warna termasuk unsur Rupa.

Ada banyak warna sekitar kita.



Sumber: https://www.youtube.com/ watch?v=IcAU1XAzuuA, diakses 19

Desember 2022, pukul 10.00 WIB

Gambar 1.1 Diva dan teman-teman belajar warna



Dalam video di atas, ada 5 warna yang terkumpul.

Tomi membuat warna biru.

Warna biru dibuat dari bahan bunga telang dan jeruk nipis.

Tomi membuat warna dari bahan alam.

Selain warna alam, ada juga warna buatan.



Ayo, jawab pertanyaan berikut dengan benar.

Literasi

  1. Warna apa yang dibuat Tomi?
    Jawaban:
  2. Sebutkan bahan alam untuk membuat warna biru! a. b.
Numerasi
3. Ada berapa warna yang terkumpul?
Jawaban;
4. Ada berapa bahan untuk membuat warna biru?
Jawaban:



A. Warna di Sekitarku


1. Menghafal Warna

Apa kamu hafal warna?

Amati warna buah berikut!



Stroberi warna merah

Pisang warna kuning

Bluberi warna biru




Sumber: https://assets.   

promediateknologi.com/

Sumber: https:// img.okezone.com/

Sumber: https:// www.yesdok.com/



melon warna hijau

Anggur warna ungu

Jeruk warna oranye

Sumber: https:// cf.shopee.co.id/

Sumber: https:// blue.kumparan.

Sumber:

https://

d12man5gwydfvl.

cloudfront.net/

com/


Ada ragam warna di sekitar kita.

Ada warna merah, kuning, biru,

hijau, ungu, dan jingga.

Kamu dapat membuat karya seni dengan aneka warna tersebut.

Sumber: https://awsimages.

detik.net.id/


2. Mengamati Warna





Cermati gambar di atas.

Apa kamu lihat sebuah angka?

Angka dapat tersusun dari aneka warna.

Susunan warna membentuk angka 2


Literasiku

Jawablah pertanyaan di bawah ini.

  1. Apa warna papan tulis di kelasmu?
    Jawaban:
  2. Apa warna meja kelasmu?
    Jawaban:

Aktivitas Belajar 1.1

Mengamati Warna

Kamu sudah paham materi di atas.

Ayo mengenal warna.

Kamu dapat mengamati kumpulan warna.

Temukan warna di dalamnya.

Buat kelompok dengan panduan gurumu.

Berdoalah sebelum dan sesudah