Rabu, 31 Juli 2024

Materi Ajar: Kamis, 1 Agustus 2024

Hari / Tanggal                : Kamis/ 1 Agustus 2024

FASE/KELAS                 : A/2

Mata Pelajaran.             : Bahasa Indonesia dan P5


Capaian Pembelajaran


• Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. 
2. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
• Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. 
2. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
3. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
• Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 
2. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. 
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
• Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. 
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. 
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita mengenai mengenal perasaan dan penyebabnya ya, Nak.

Sebelumnya kita sudah membaca cerita tentang Mimi Marah. Diceritakan bahwa Mimi marah karena berebut mainan dengan Adiknya. Mimi menunjukkan kemarahannya dengan berteriak dan menangis. Selain marah, ada beberapa perasaan lainnya yang mungkin pernah kita alami.

Yuk kita simak video berikut:

https://youtu.be/B2g8S7n9ccU

Dari video yang sudah kita simak, coba kalian sebutkan apa saja perasaan yang pernah kalian alami dan ceritakan penyebabnya!

Di dalam cerita Mimi Marah kita juga belajar mengenai penggunaan huruf kapital dan tanda titik.

Huruf kapital digunakan di setiap awal kalimat dan nama orang.

Tanda titik digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat pernyataan.

Contohnya: Setelah berteriak, Mimi pun menangis.

Selanjutnya, kita akan belajar mengenai suara alat transportasi.

TEMA                              : Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI

TOPIK                             : Merancang Transportasi Masa Depan

Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.

Minggu kemarin kita sudah membahas alat transportasi darat, udara dan laut.

Apakah kalian tahu bagaimana suara dari berbagai macam alat transportasi?

Bagimana suara mobil? Bagaimana suara pesawat terbang? 

Setiap alat transportasi pasti memiliki suara yang berbeda.

Nah, melalui pertemuan hari ini, kita akan mengenal berbagai suara alat transportasi.

Yuk, mari kita simak video berikut!




Cobalah tebak suara kendaraan yang terdapat pada video di atas. 

Kesimpulan

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini yaitu tentang mengenal perasaan, penggunaan huruf kapital dan tanda titik dapat dipahami oleh peserta didik dengan baik. Peserta didik mampu mendeskripsikan perasaannya menggunakan kalimat yang baik dan benar. 
Selain itu, pada kegiatan P5 yang membahas tentang berbagai macam alat transportasi juga bisa dipahami dengan baik. Peserta didik mampu mengenali suara alat transportasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar