Kamis, 14 Agustus 2025

Materi Ajar: Kamis, 14 Agustus 2025

 Hari/Tanggal : Kamis/ 14 Agustus 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra 
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis

Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak :  
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Menyimak : 
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri

Tujuan Pembelajaran (TP) :

Menyimak :
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta  didik  dapat  menemukan,  menyimpulkan  informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
Membaca dan Mengamati :
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hari-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Menulis

Kalian akan berlatih menulis.
Peganglah pensil dengan benar.
Saat menulis, duduk yang tegak.
 
Sekarang, tuliskan huruf awal nama binatang-binatang ini.
Guru akan membimbing kalian.
 
Membaca 
Membaca Kartu Kata
1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.
2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’?
 
Berbicara

Kalian akan mendiskusikan arti kata ‘sibuk’. Lihat dua gambar di bawah.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Pasar mana yang terlihat sibuk?
2. Apa yang kalian lihat pada gambar pasar yang sibuk?
3. Apa bedanya pasar yang sibuk dan pasar yang tidak sibuk?

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Senin, 11 Agustus 2025

Materi Ajar: Senin, 11 Agustus 2025

 Hari/Tanggal : Senin/ 11 Agustus 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Menghitung maju dan mundur
Materi Pembelajaran : Menghitung maju dan mundur bilangan


Capaian Pembelajaran :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10
Tujuan Pembelajaran :
Setelah membilang benda yang terdapat pada suatu kumpulan, peserta didik dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dengan tepat.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10. 
Memahami urutan bilangan 1 - 10.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Diminggu kemarin kita sudah belajar tentang membandingkan, maka di minggu ini kita akan belajar tentang materi menghitung maju dan menghitung mundur, yukkk kita belajar bersama.....




 Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaa.....





PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Jumat, 08 Agustus 2025

Materi Ajar: Jumat, 15 Agustus 2025

 Hari/Tanggal : Jumat/ 15 Agustus 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 1/Garis yang Menunjukkan Gerakan
Materi Pembelajaran : Garis yang Menunjukkan Gerakan

Capaian Pembelajaran (CP) :
Mengalami
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.
Menciptakan
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Siswa mampu merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.
Siswa mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.
Siswa untuk menelusuri garis yang ada pada gambar -gambar pada modul murid

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
3. Garis yang Menunjukkan Gerakan
Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan.
Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya. 

Garis seperti apa yang kamu rasakan?
Sekarang pejamkan matamu. 

Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu. 
Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu. 
Garis seperti apa yang kamu dapatkan?

Gambar Rambut Bergelombang :
Adalah rambut yang memiliki pola rambut berombak, tidak lurus dan tidak keriting

Gambar Lengkung Ombak :

Gambar Asap

Gambar Gerakan Ombak

Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Apa pengertian garis yang menunjukkan gerakan?
2. Sebutkan contoh garis yang menunjukkan gerakan!
3. Gambarkan contoh garis yang menunjukkan gerakan? 
4. Garis apakah yang kamu temukan di sekitarmu?
5. Gambarkan lengkung ombak!

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Rabu, 06 Agustus 2025

Materi Ajar: Rabu, 6 Agustus 2025

 Hari/Tanggal : Rabu/ 06 Agustus 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Bunyi Apa
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis

Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak :  
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Menyimak : 
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri

Tujuan Pembelajaran (TP) :

Menyimak :
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta  didik  dapat  menemukan,  menyimpulkan  informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
Membaca dan Mengamati :
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hari-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
MENGAMATI 
Amati gambar ini.
 
Sekarang, diskusikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang diceritakan pada gambar di atas?
2. Mengapa judul gambar itu “Pagi yang Sibuk”?
3. Ada berapa orang pada gambar itu?
4. Ada berapa binatang pada gambar itu?
5. Bagaimana suasana pagi hari di rumah kalian?
Menirukan dan Melakukan
Mencocokkan dan Menirukan Bunyi Binatang
Ikuti petunjuk guru.
Tunjuk binatang yang berbunyi seperti ini.
 
Apatkah kalian menirukan bunyi binatang-binatang itu?
Tirukan juga cara mereka berjalan.
Lalu, hitung jumlah kaki setiap binatang itu.

Berbicara 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan guru
berikut ini.
1. Bunyi apa yang kalian dengar:
a. Pada siang hari?
b. Pada malam hari?
1. Mana yang lebih kalian sukai, siang atau malam hari?
    Mengapa?
2. Amati gambar-gambar ini.
   Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara keras.
   Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara pelan.
 
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Selasa, 05 Agustus 2025

Materi Ajar: Selasa, 5 Agustus 2025

 Hari/Tanggal : Selasa/ 5 Agustus 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Aku Cinta Pancasila/ Garuda Pancasila
Materi Pembelajaran : Lambang Negara Indonesia


Capaian Pembelajaran :
Peserta didik mengenal bendera negara, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila,
Tujuan Pembelajaran :
Melalui kegiatan mengamati dan menyimak cerita bergambar, peserta didik dapat menunjukkan sikap sesuai nilai Pancasila sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubungannya

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Hari ini kita akan belajar pendidikan Pancasila, apakah sudah ada yang tahu lambang Negara Indonesia apa? Jika belum yukkk kita belajar bersama...

Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaa.....

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Senin, 04 Agustus 2025

Materi Ajar: Senin, 4 Agustus 2025

 Hari/Tanggal : Senin/4 Agustus 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Menghitung maju dan mundur
Materi Pembelajaran : Menghitung maju dan mundur bilangan


Capaian Pembelajaran :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10
Tujuan Pembelajaran :
Setelah membilang benda yang terdapat pada suatu kumpulan, peserta didik dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dengan tepat.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10. 
Memahami urutan bilangan 1 - 10.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Diminggu kemarin kita sudah belajar tentang membandingkan, maka di minggu ini kita akan belajar tentang materi menghitung maju dan menghitung mundur, yukkk kita belajar bersama.....




 Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaa.....





PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Jumat, 01 Agustus 2025

Materi Ajar: Jumat, 1 Agustus 2025

 Hari/Tanggal :Jumat/ 01 Agustus 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 1/Aneka Garis
Materi Pembelajaran : Aneka Garis

Capaian Pembelajaran (CP) :
Menciptakan
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan warna.

Merefleksikan
Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari

Tujuan Pembelajaran (TP) :
Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis garis, pada gambar ataupun pada benda-benda di sekitarnya.
Siswa dapat menggambar sebuah pohon dengan menggunakan beberapa macam garis.
Siswa membandingkan dan mengambil kesimpulan tentang arti garis tipis dan garis tebal yang   
ditemukanpada pohon.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
2. Aneka Garis 
Garis berbentuk dari kumpulan titik yang berderet dan berhimpitan.
Ada beberapa macam garis.
Ada garis lurus.
Ada garis lengkung.
Contoh :


Garis Lurus :

Garis lurus  adalah garis yang menghubungkan dua titik pada suatu bidang dan memanjang hingga tak terhingga pada kedua arahnya.

Garis Lengkung :

Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok 

Garis Horizontal :
Garis Horizontal adalah merupakan garis lurus yang memanjang dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

Garis Vertikal :
Garisvertikal adalah garis yang kita gambar dari atas ke bawah

Garis Diagonal :
Garis diagonal adalah garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan.

Garis Kurva :
Garis kurva adalah garis yang adalah garis bengkok. Kurva dibuat apabila terjadi penyimpangan pada suatu garis lurus.

Garis Gelombang :

Garis gelombang adalah garis yang melengkung secara bergantian ke arah yang berlawanan.

Lalu siswa menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Apa itu garis horizontal?
2. Gambar gunung termasuk contoh gambar yang berbentuk garis ?
3. Garis lurus disebut juga garis?
4. Garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan disebut garis ?
5. Gambarkanlah garis lengkung!

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb